4 Keuntungan Dari Tabungan Syariah yang Masih Jarang Diketahui

0

Selama ini, banyak sekali orang yang berpikir bahwa alasan memilih tabungan syariah semata- mata hanya berlandaskan alasan ibadah saja. Padahal, disamping kita mendapatkan pahala, memilih produk finansial yang berlandaskan pada syariat Islam pun menguntungkan bagi keuangan setiap orang. Pada dasarnya, ada perbedaan yang siginifikan sekali antara tabungan yang berlandaskan pada syariat dengan jenis tabungan konvensional. Umumnya bank syariah yang ada di Tanah Air memiliki dua akad yaitu Mudharabah dan Wadi’ah. Selain itu, masih ada beberapa keuntungan yang juga masih jarang sekali diketahui oleh banyak orang seperti 4 keuntungan berikut ini.

1 . Memiliki Sistem Bagi Hasil

Fitur menabung yang ditawarkan oleh suatu bank syariah merupakan jenis tabungan yang tidak mengenal sistem bunga. Akan tetapi, tabungan syariah ini menggunakan sistem bagi hasil dengan nasabah. Sistem tersebut sangat menarik karena perhitungan bagi hasil pada nantinya akan dihitung berdasarkan pendapatan yang diperoleh suatu bank. Semakin tinggi pendapatan dari bank tersebut, maka semakin besar pula bagi hasil yang diterima oleh setiap nasabah. Hal ini tentunya sangat berbeda sekali dengan sistem bunga pada suatu bank. Dimana pada suatu bunga tabungan pada bank konvensional ditentukan berdasarkan kebutuhan dana bank tersebut.

2 . Bebas Biaya Admin Tanpa Minimum Saldo

Bank yang berbasis syariah pada dasarnya menerapkan sistem yang membebaskan biaya administrasi, khususnya untuk setiap nasabah yang memegang rekening akad wadiah. Hal tersebut terbukti mampu meringankan penabung yang memiliki nilai setoran kecil. Di dalam bank yang berbasis syariah terdapat produk dengan akad yang dibuat bagi nasabah yang memiliki tujuan untuk menyimpan dana di bank serta bukan ditujukan untuk mendapatkan bagi hasil. Hal inilah yang juga menjadi batas pembeda antara bank syariah dengan bank konvensional, yang rata-rata menerapkan biaya administrasi pada kisaran Rp 7.500 hingga Rp 12.000.

3 . Hadirnya Produk Khusus yang Tidak Ada di Tempat Lain

Satu hal lagi yang dapat membedakan antara jenis tabungan bank syariah dengan konvensional adalah hadirnya suatu produk yang memiliki tujuan khusus yang tidak dimiliki oleh bank pada umumnya. Beberapa produk tersebut diantaranya seperti tabungan haji, wakaf sampai jenis tabungan qurban. Produk – produk ini tentunya hanya bisa Anda temukan hanya di bank syariah saja. Produk tersebut pun bisa menjadi suatu pertimbangan agar anda bisa mewujudkan impian anda dalam beribadah seperti salah satunya tabungan untuk haji dan umroh.

4 . Akad Sesuai Ketentuan Agama

Akad adalah salah satu hal yang menjadi kunci pembeda antara bank syariah dan konvensional yaitu dari sisi ketentuan Agama. Tabungan pada bank syariah nantinya akan menerapkan akad yang berbeda dengan jenis tabungan konvensional. Akad yang biasa digunakan oleh syariah pun dapat dibilang cukup beragam. Keberagaman akad tersebut ternyata memiliki tujuan agar akad yang dibuat dapat sesuai dengan tujuan dan sifat transaksi keuangan.

Itulah 4 keuntungan dari tabungan pada bank syariah yang masih jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Poin – poin di atas sedikit banyaknya akan memberikan informasi yang sangat bermanfaat khususnya untuk anda yang saat ini berencana untuk memilih jenis tabungan tersebut.

Share.

About Author

Leave A Reply