5 Cara Membuat Kartu Kredit Pertama Kali

0

Kartu Kredit – Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa memiliki kartu kredit pada zaman sekarang menjadi sebuah gaya hidup kekinian. Apalagi dari masing-masing bank terkadang menawarkan berbagai promosi yang menggiurkan, seperti diskon belanja, diskon makan di restoran tertentu, dan sebagainya. Hal ini terkadang menjadi alasan utama seseorang membuat kartu kredit.

Meskipun pihak bank sudah memberikan kemudahan dalam cara buat kartu kredit, tapi tidak semua pengajuan akan disetujui. Terlebih jika kita baru pertama kali mengajukan. Karena pihak bank biasanya memrioritaskan orang-orang yang sudah memiliki kartu kredit, karena akan lebih mudah dicek kinerja kesehatan alur keuangannya lewat riwayat pembayaran kartu kredit sebelumnya.

Tapi, tidak usah khawatir, Guys. Kamu masih bisa, kok, membuat kartu kredit untuk pertama kali. Simak dulu 5 cara buat artu kredit Pertama Kali dengan mudah berikut ini:

1. Pastikan Kamu memiliki riwayat keuangan yang sehat.
Cek dulu riwayat keuangan Kamu yang berhubungan dengan kredit bank. Pastikan Kamu tidak memiliki kredit macet dalam pembayaran KPR, atau pembelian mobil/motor, dan lain sebagainya.

2. Pilih kartu kredit yang sesuai.
Kamu bisa memilih kartu kredit yang sesuai dengan mempertimbangkan macam-macam rewards , promo diskon, skema iuran tahunannya, dan terutama besaran bunga yang dikenakan. Jangan ragu untuk membandingkan benefit kartu kredit dari bank satu dengan bank yang lain, untuk mendapat fasilitas yang lebih baik. Kamu bisa menghubungi customer service bank untuk info-info benefit tersebut.

3. Lengkapi persyaratannya.
Jika dua cara buat kartu kredit sebelumnya sudah dilakukan, Kamu tinggal melengkapi persyaratannya. Biasanya pihak bank tidak terlalu memberikan persyaratan yang terlalu berbelit. Persyaratan membuat kartu kredit pada umumnya adalah minimal usia Kamu harus 21 tahun, gaji (take home pay) minimal 3 juta yang dibuktikan dengan slip gaji, melampirkan NPWP (opsional).
Lalu bagaimana jika tidak memiliki slip gaji?
Kamu seorang mahasiswa atau memiliki usaha mandiri (wiraswasta) tapi berkeinginan membuat kartu kredit. Tidak usah risau, masih ada cara buat kartu kredit yang mudah untuk Kamu yang tidak memiliki slip gaji.

4. Beri jaminan kepada pihak bank.
Kamu bisa memberikan jaminan kepada pihak bank dengan berupa deposito. Deposito adalah dana mengendap yang disimpan pada bank, yang tidak dapat diuangkan dalam jangka waktu tertentu. Buka depositomu di bank tempat Kamu ingin membuat kartu kredit. Pihak bank akan memberikan nilai lebih untuk pengajuan kartu kredit Kamu.

5. Buka tabungan di bank yang bersangkutan.
Tujuannya agar bank bisa memantau alur kas keuangan Kamu. Pastikan Kamu menggunakan rekening itu untuk transaksi keuangan yang sehat.

Jadi, mudah ‘kan cara buat kartu kredit? Hanya yang perlu diingat, bijaklah menggunakan kartu kredit, karena itu sifatnya pinjaman bukan sumber penghasilan baru. Kesehatan kartu kredit sebelumnya akan menjadi prioritas untuk pengajuan kartu kredit yang berikutnya.

Share.

About Author

Leave A Reply