web log free 5 Cara Memilih Investasi Reksadana Resmi Paling Aman dari Financial

5 Cara Memilih Investasi Reksadana Resmi Paling Aman dari Financial

0

Memilih investasi Reksadana Resmi paling aman mudah sebenarnya. Tidak harus ribet seperti yang banyak dibayangkan orang. Anda cukup memastikan 5 hal.  Sebagai instrumen baru dan masih sangat sedikit orang yang memilikinya, munculnya pertanyaan tersebut cukup wajar. Sekitar 15% masyarakat kelas menengah memiliki investasi di Reksadana.

Banyaknya fakta tentang kerugian investasi bodong yang belakangan marak membuat banyak orang skeptis setiap datang tawaran investasi. Dalam masalah investasi, Reksadana itu instrumen resmi, diawasi Otoritas Jasa Keuangan dan dikelola para profesional. Jelas-jelas bukan tawaran investasi abal-abal. 

Hasil gambar untuk reksadana resmi ojk

Punya Ijin OJK

Setiap Reksadana resmi harus memiliki izin, yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, pengelola Reksadana, yaitu Manajer Investasi, wajib pula punya ijin. Kewajiban kamu adalah untuk memastikan bahwa Reksadana yang akan dibeli memiliki ijin-ijin tersebut. Apabila tempat berinvestasi tidak punya izin atau izinnya meragukan, sebaiknya jangan berinvestasi dulu.

Prospektus Reksadana 

Prospektus adalah buku manual berinvestasi di Reksadana. Misalnya,

  • Manajer Investasi,
  • Kelengkapan Izin
  • Kebijakan Investasi
  • Biaya
  • Tata cara pembelian serta penjualan, dan lain – lain.

Salah satu ciri investasi bodong adalah tidak memiliki prospektus. 

Tujuan Investasi Sesuai Pilihan Reksadana

Mengenai keamanan atau tidaknya berinvestasi amat ditentukan oleh sesuai tidaknya antara jenis Reksadana yang dipilih dan Tujuan Keuangan yang ingin dicapai. Contohnya sebagai berikut: tujuan berinvestasi adalah persiapan dana pendidikan anak dalam 5 bulan yang akan masuk TK. Karena tergiur melihat tingginya kenaikkan harga saham, Reksadana Saham dipilih untuk tujuan tersebut.

Kesalahan memilih jenis investasi berbuah pada kerugian. Andaikan investasi tadi ditempatkan dalam Reksadana Pasar Uang. Kemungkinan besar dananya siap di bulan ke 5.

Laporan Reksadana

Di laporan tercantum hal-hal penting sebagai berikut:

  • Posisi Nilai investasi.
  • Pembelian Unit Reksadana
  • Penjualan Unit Reksadana

Laporan ini wajib Anda baca dan pastikan isinya sudah akurat. Ini adalah bukti kepemilikan investasi Anda.

Reksadana Online

Ini sejumlah alasan kenapa Anda perlu Reksadana Online:

  • Memantau nilai investasi di Reksadana bisa dilakukan saat Anda dimana saja dan kapan saja. Hambatan waktu dan tempat tidak ada lagi karena semua dilakukan via online.
  • Investasi bisa mulai dari Rp 100 rb. Dengan nilai minimum investasi yang kecil, Anda bisa membatasi eksposur keuangan di Reksadana resmi dengan lebih mudah.
Share.

About Author

Leave A Reply