Beragam Produk Bank Syariah Yang Penting Diketahui

0

Perkembangan bank syariah sekarang ini mengalami kemajuan yang pesat, kesadaran masyarakat untuk menyimpan dananya ditempat yang halal dan sesuai syariah menjadi salah satu kelebihannya. Selain itu banyak juga produk bank syariah yang menawarkan keuntungan untuk dipilih. Dari berbagai produk bank syariah ini secara garis besar dibagi menjadi tiga yaitu sebagai berikut.

Produk untuk penyaluran dana. Pada produk yang pertama ini terbagi dalam berbagai produk berbeda misalnya dengan jual beli (ba’i) yang dilaksanakan karena adanya proses pemindahan atau kepemilikan barang atau uang. Untuk jenis ba’i sendiri terbagi dalam tiga produk, yaitu.

  1. Ba’i al-murabahah yang memiliki sitem jual beli dengan pihak bank menyebutkan harga kepada nasabah lalu memberikan laba dalam jumlah tertentu sesuai perjanjian.
  2. Ba’i as-salam yang dalam praktek jual belinya nasabah sebagai pembeli sekaligus pemesan memberikan uangnya dengan harga yang telah disepakati sebelumnya.
  3. Ba’i al-istishna yang merupakan bagian dari ba’i as-salam namun pada prakteknya al-ishtishna lebih digunakan pada bidang manufaktur.

Related image

Selain itu juga ada produk berupa ijarah berupa sewa, bagi hasil atau syirkah. Untuk bagi hasil ini terbagi dalam dua jenis produk yaitu musyarakah dan mudharabah.

  • Produk penghimpunan dana. Produk bank syariah yang ditawarkan selanjutnya yaitu berupa adanya aktivitas dalam penghimpunan dana seperti yang ada pada bank konvensioal, misalnya deposito, tabungan, dan juga giro. Akan tetapi yang menjadi perbedaannya yaitu pada prinsip dan sistem yang digunakan. Untuk penghimpunan dana ini misalnya dengan adanya prinsip wadiah dan mudharabah. Wadiah mempunyai arti dimana pihak yang dititipi atau bank bertanggung jawab atas keutuhan harta titipan sehingga boleh digunakan oleh pihak lain untuk kerja sama. Sedangkan mudharabah investor yang bertindak sebagai pemilik modal dan pihak bank sebagai pengelola.
  • Produk untuk jasa perbankan. Produk bank syariah selanjutnya juga bisa memberikan manfaat untuk pemberian jasa kepada para nasabah. Keuntungan yang didapatkan berupa sewa dengan berbagai jasa yang ditawarkan seperti sharf dan ijarah. Untuk sharf merupakan jenis sewa berupa jual beli valuta asing atau mata uang tidak sejenis, namun dalam prakteknya dilakukan pada saat yang sama. Dengan transaksi ini pihak bank mengambil keuntungan dari jasa yang ditawarkan. Kedua yaitu ijarah atau sewa yang mana pihak bank menyewakan berupa simpanan (safe deposit box) atau jasa tata laksana administrasi dokumen (custodian). Dengan melakukan hal ini pihak bank bisa mendapatkan jasa dari sewa yang diberikan.

Untuk berbagai produk lainnya dalam bank syariah menawarkan berbagai keuntungan lebih pada anda sehingga bagi anda yang ingin memanfaatkannya sebaiknya harus diketahui berbagai penjelasannya sebelum memutuskan membeli atau menggunakannya.

Share.

About Author

Leave A Reply