Berbagai Jenis Investasi Syariah Yang Halal dan Bebas Riba

0

Investasi adalah salah satu bisnis menguntungkan yang menawarkan passive income bagi masyarakat. Jenis investasi saat ini telah terbagi menjadi dua yaitu ada jenis investasi konvensional dan jenis investasi syariah. Untuk investasi berbasis syariah sendiri biasanya di dalam sistem yang digerakannya akan menerapkan hukum – hukum syariat Islam.

Kebanyakan umat Islam yang tertarik terjun di dalam bisnis investasi merasa khawatir. Kekhawatiran tersebut lahir dari ketakutan akan riba yang ditawarkan oleh suatu sistem investasi yang dipilihnya. Akan tetapi, saat ini telah hadir investasi syariah yang terjamin halal karena di dalamnya tidak ada praktik riba sama sekali. Penanaman modal berbasis syariah ini masih sama dengan investasi konvensional dimana masih terdapat untung dan rugi seperti di dalamnya. Akan tetapi semuanya tergantung pada investor itu sendiri di dalam memilih suatu instrumen investasi.

Saat ini terdapat cukup banyak jenis instrumen investasi syariah yang dapat Kamu pilih dan sesuaikan sendiri. Selain itu, berbagai instrumen investasi berbasis syariah ini jauh lebih minim terhadap risiko kerugian. Berikut akan saya jelaskan berbagai macam investasi bebas riba yang bisa Kamu pilih:

1. Deposito Syariah

Investasi ini umumnya ditawarkan oleh suatu bank karena merupakan produk perbankan yang bersifat tabungan berjangka. Deposito ini merupakan instrumen yang memiliki risiko kerugian yang kecil. Semua bank termasuk bank konvensional menawarkan produk keuangan yang satu ini. Namun yang membedakannya dengan syariah adalah sistem bagi hasil yang disetujui pada akad atau perjanjian.

 

2. Pasar Modal Syariah

Pasar modal ialah sebuah ruang bagi setiap investor didalam melakukan penanam modal bertemu dengan perusahaan yang saat ini tengah membutuhkan modal. Dalam instrumen ini, karena sistem yang digunakannya adalah sistem berbasis syariah maka laba dari perusahaan yang telah menerima kucuran dana dari investor nantinya akan dibagi sesuai perjanjian awal. Nilai keuntungan yang nantinya didapat pun tergantung pada nilai investasi dan juga besaran laba bagi hasil sesuai perjanjian atau akad.

3. Obligasi Syariah

Obligasi adalah salah satu pilihan investasi yang tepat bagi Kamu yang tidak ingin memiliki risiko kerugian besar dalam penanaman modal. Akan tetapi di dalam menerapkan sistem obligasi berbasis syariah ini, maka setiap surat-surat maupun dokumen tertentu dalam bentuk sertifikat aset yang dicetak oleh emiten nantinya akan menjadi benda yang dijual. Selain itu, sistem syariah yang diterapkan pada investasi ini di dalam penanaman modalnya tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang melanggar syariat Islam.

4. Reksadana Syariah

Nah, bagi Kamu yang ingin belajar investasi tanpa modal yang besar dan juga aman, reksadana bisa menjadi pilihan yang tepat. Kelebihan dari instrumen yang satu ini adalah mendapat pengawasan langsung dari Dewan Pengawas Syariah MUI. Untuk penanaman modal bahkan bisa dilakukan dengan harga atau modal yang relatif minim sekali yaitu Rp 100 ribu saja. Nantinya uang akan ditampung pada manajer investasi untuk nantinya diputar ke dalam berbagai instrumen penanaman modal lainnya.

Nah, itulah 4 jenis investasi syariah yang bisa Kamu coba tanpa perlu takut riba. Keempat jenis penanaman modal di atas bahkan merupakan jenis instrumen yang sangat minim sekali terhadap risiko kerugian.

Share.

About Author

Leave A Reply