web log free Cicilan KPR Syariah Lebih Murah Dari KPR Konvensional

Cicilan KPR Syariah Lebih Murah dari KPR Konvensional?

0

Saat ini, produk perbankan sudah mulai banyak ditawarkan oleh bank-bank syariah dengan cara menabung dan berinvestasi yang halal. Seiring dengan berkembangnya bank syariah, bank-bank konvensional juga sudah banyak yang memiliki lini syariah. Beberapa produk tersebut diantaranya adalah, tabungan syariah, KPR syariah, hingga deposito syariah. Seperti yang diketahui, deposito merupakan cara berinvestasi yang paling aman terlebih jika deposito tersebut adalah deposito syariah.

Jika membahas tentang KPR, KPR merupakan kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan lainnya yang menggunakan jaminan atau agunan berupa rumah. KPR sendiri masih jadi pilihan yang menarik, karena sangat membantu orang-orang yang ingin memiliki rumah sendiri. KPR sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu konvensional dan syariah. KPR konvensional dikeluarkan oleh bank konvensional, sedangkan KPR syariah sendiri disediakan oleh bank syariah. Meskipun demikian, sudah banyak bank konvensional yang juga memiliki lini syariah.

Dibandingkan dengan KPR konvensional, KPR syariah memang kurang populer. Tapi, apakah Anda tahu kalau KPR syariah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan KPR konvensional? Kenapa bisa lebih murah? Berikut penjelasannya.

KPR syariah tidak mengenal bunga, berbeda dengan yang konvensional. Dalam konsep syariah sendiri, cicilan KPR tidak memiliki bunga, jadi itulah yang membuat KPR syariah lebih murah. Lalu darimana bank akan mendapatkan keuntungan jika tak ada bunga?

Nah, dalam KPR syariah, konsep yang digunakan adalah murabahah atau jual-beli. Keuntungan yang didapat dari kredit diambil dari margin penjualan. Maka dari itu, konsep ini mewajibkan adanya keterbukaan antara dua belah pihak yang bertransaksi. Dalam artian, antara nasabah dan pihak bank harus memiliki kesepakatan yang bulat mengenai margin yang ditetapkan.

Jika Anda ingin mengajukan KPR, Anda beritahukan info harga rumah tersebut kepada bank syariah. Jika permohonan KPR disetujui, maka selanjutnya adalah bank akan membeli rumah tersebut, lalu nanti bank syariah akan menambahkan margin ke skema cicilan Anda.

Selain itu, margin pada cicilan akan bersifat tetap tidak akan berubah-ubah, meskipun suku bunga dipasaran tengah naik. Karena cicilan yang tetap itulah, makanya KPR syariah disebut-sebut lebih murah. Namun biarpun demikian, tiap-tiap bank pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi tak bisa disamaratakan.
syariah-kprJika Anda merasa belum sanggup untuk membayar cicilan KPR syariah, tak ada salahnya jika Anda menabung terlebih dahulu sampai uang tersebut terkumpul. Bisa juga Anda berinvestasi dengan deposito syariah maupun di bank konvensional.

Semua ini kembali lagi kepada Anda yang akan membeli rumah dengan cara KPR. Jika Anda tidak ingin berat dalam membayar cicilannya, Anda bisa mencoba KPR syariah. Namun, jika Anda kurang yakin, Anda juga bisa mengajukan KPR pada bank konvensional. Demikian ulasan ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Share.

About Author

Leave A Reply