Mengajukan Pinjaman dengan Jaminan BPKB Mobil atau Motor

0

Salah satu cara yang sering dilakukan orang ketika membutuhkan dana mendadak yaitu dengan menggadaikan asetnya. Maksudnya mencari pinjaman dana dengan jaminan berupa aset yang dimiliki. Cara ini menghasilkan dana yang lebih cepat daripada mengajukan pinjaman di bank yang sering memakan waktu lama.

Ada banyak aset yang bisa kita jaminkan untuk melakukan pinjaman, dan salah satu yang paling sering dilakukan masyarakat selain BPKB motor adalah BPKB mobil.
pinjaman jaminan bpkb mobil

Kelebihan Mengajukan Pinjaman dengan jaminan BPKB Mobil

Salah satu aset yang paling laku dijadikan jaminan adalah Buku BPKB mobil. Nilainya yang cukup tinggi bisa memberikan Anda dana yang lumayan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Prosesnya juga gampang dan singkat di berbagai lembaga pembiayaan seperti pegadaian maupun pinjaman online. 

Kelebihan lainnya menggadaikan BPKB mobil adalah Anda tetap bisa menggunakan unit mobil tersebut baik untuk usaha maupun kehidupan sehari-hari. Jika digunakan dengan produktif, kendaraan tersebut juga bisa menjadi jalan untuk mendapatkan dana angsuran pinjaman yang diajukan tadi.
Pijaman jaminan bpkb motor

Tips Ajukan Pinjaman dengan BPKB MobilMeskipun mengajukan pinjaman dengan BPKB mobil cukup umum dan sering dilakukan, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar hasilnya maksimal seperti: 

  1. Pilih lembaga yang terpercaya

Meskipun sedang terdesak, Anda harus tetap jeli memilih lembaga tempat mengajukan pinjaman. Jangan sampai terjebak tukang kredit dengan bunga mencekik leher sehingga menyebabkan Anda kehilangan aset. Beberapa lembaga yang bisa dipertimbangkan ialah lembaga pendanaan yang resmi dan diakui negara (diawasi oleh OJK), koperasi, pegadaian atau pinjaman online yang kredibel. 


2. Pilih program gadai yang paling menguntungkan

Jangan hanya memilih program gadai dengan plafon yang paling sesuai dengan kebutuhan dana Anda. Pertimbangkan pula suku bunganya yang diterapkan dan berapa lama prosesnya. Cermati juga berbagai syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Selain itu, sistem gadai sekarang juga dibedakan menjadi tipe konvensional dan syariah sesuai dengan selera pribadi. 


3. Lengkapi syarat dan dokumennya

Untuk mempersingkat waktu, penting sekali untuk melengkapi persyaratan peminjaman dana ini. Selain BPKP asli mobil yang akan digadai, siapkan juga KTP, KK, dan STNK asli. Nantinya mobil yang suratnya digadai itu akan disurvey oleh petugas untuk dinilai kelayakannya menjadi jaminan. Karena itu, mobil Anda harus dalam kendaraan prima sehingga meyakinkan petugas untuk memberikan dana yang diperlukan. 


4. Tertib membayar pinjaman

Pinjaman dengan BPKB mobil berarti ada resiko kehilangan kendaraan Anda jika gagal membayar dana talangan itu. Karena itu, bayarlah tepat waktu sehingga tidak harus membayar denda atau kerugian lainnya. 

Salah satu trik lainnya agar Anda tidak kesulitan dalam melakukan pembayaran cicilan adalah menjadikan pinjaman tersebut modal usaha sehingga uangnya bisa terus diputar. Jangan gunakan dana pinjaman untuk sekedar senang-senang atau kebutuhan konsumtif lainnya, karena nantinya Anda akan bingung ketika waktunya mengangsur.

Itulah beberapa tips mengajukan pinjaman dengan menjadi BPKB mobil sebagai jaminannya. Jika kamu saat ini bingung mencari pihak pemberi kredit yang kredible, BFI Finance bisa menjadi solusi.

Produk BFI kini juga dapat Anda akses secara online lewat situs demi mempersingkat waktu pengajuan pinjaman. Dengan begitu, prosesnya bisa lebih singkat dan uang segera didapatkan. Dan menariknya, ada pinjaman dengan bunga rendah yang bisa Anda lakukan hanya dengan jaminan BPKB mobil seperti yang Anda baca diatas. Yuk, kenal kami lebih jauh.

Share.

Leave A Reply