Prinsip Bank Syariah yang Halal dan Jarang Diketahui

0

Dewasa ini bank yang menawarkan sistem syariah Islam telah begitu populer di negara kita. Bank yang satu ini merupakan bank yang menggerakkan perusahaannya menggunakan sistem perbankan yang dilandasi dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan di dalam hukum islam. Prinsip bank syariah ini akan dijalankan sesuai dengan hukum islam seperti contohnya tidak terdapatnya unsur ria, maisir, gharar, dan juga jual beli barang haram di dalamnya.

Prinsip ini telah ditetapkan agar dapat mencapai tujuan yang sesuai dengan jalur syariah islam. Secara umum ada beberapa prinsip yang biasanya diterapkan dan berikut akan saya jelaskan beberapa diantaranya yang umum digunakan di negara kita.

Prinsip Bank Syariah
Prinsip Bank Syariah

1.       Mudharabah

Konsep atau prinsip mudharabah ini merupakan suatu bentuk kerjasama usaha yang terjalin antara mudharib (pengelola dana) dengan mudharib (pengelola dana) menggunakan nisab bagi hasil diantara keduanya yang sudah ditetapkan sendiri berdasarkan kesepakatan di awal. Biasanya jika terjadi suatu kesalahan atau pun kebangkrutan, semua kerugian akan ditetapkan pada para pemilik usaha.

2.       Musyarakah

Prinsip bank syariah yang satu ini merupakan jenis akad atau kerjasama yang terjalin antara dua orang atau lebih di dalam melakukan suatu usaha secara produktif dan tentunya halal, melalui sebuah perjanjian jika semua keuntungan yang diperoleh akan ditanggung bersama – sama, begitu juga dengan risiko kerugian yang mungkin terjadi, maka risiko yang menimpa nantinya akan ditanggung bersama sesuai dengan porsi kerja masing – masing pihak.

3.       Al Murabahah

Prinsip yang satu ini merupakan suatu proses jual beli yang ditambahkan dengan sejumlah keuntungan yang sudah disepakati oleh kedua pihak, yaitu pembeli dan juga penjual. Prinsip dari konsep murabahah ini memperbolehkan penyerahan barang yang nantinya akan dilakukan disaat transaksi.

4.       Wadiah

Sistem ini memiliki konsep berupa suatu bentuk titipan murni dari satu pihak ke pihak lainnya, baik itu dari individu atau pun dari badan hukum yang wajib dijaga serta dikembalikan pada pihak penitip kapanpun dirinya menginginkannya. Namun sistem yang satu ini mungkin masih kurang begitu populer jika dibandingkan dengan konsep – konsep prinsip yang diterapkan pada suatu bank syariah.

5.       Hawalah / Hiwalah

Produk perbankan syariah ini bisa dibilang unik karena sistem nya menerapkan suatu pengalihan utang yang dilakukan oleh orang yang berutang pada orang lain yang wajib menanggungnya. Prinsip tersebut dilakukan agar dapat membantu supplier untuk mendapatkan bantuan tunai agar bisa melanjutkan produksinya. Sedangkan di pihak bank itu sendiri akan tetap mendapatkan biaya ganti untuk jasa pemindahan tersebut .

Itulah 5 prinsip bank syariah dari sekian banyak prinsip – prinsip lainnya yang saat ini sudah umum digunakan oleh bank – bank berbasis syariah Islam di Indonesia. Menabung maupun membuka kredit di bank tersebut aman karena anti riba dan terjamin halal.

Share.

About Author

Leave A Reply