Syarat Mendapatkan Rumah KPR Subsidi

0

Memiliki rumah sendiri adalah keinginan setiap orang. Namun, kendala yang dihadapi adalah harga jual rumah yang sudah cukup tinggi membuat sebagian masyarakat kesulitan membeli rumah. Tapi tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak sekali pengajuan secara mudah memiliki rumah dengan cepat, yaitu dengan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). KPR merupakan kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah yang akan membeli rumah.

KPR sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu KPR subsidi dan KPR non subsidi. KPR subsidi merupakan kredit rumah yang disediakan untuk meringankan masyarakat menengah ke bawah. Kredit subsidi diatur oleh pemerintah, sehingga tidak semua masyarakat bisa mengajukan kredit dengan fasilitas ini. Sedangkan KPR non subsidi merupakan pengajuan kredit rumah yang diperuntukkan untuk seluruh masyarakat. Jadi, ketentuan KPR ditetapkan oleh bank sehingga penentuan besarnya kredit maupun suku bunga sesuai dengan kebijakan dari bank yang bersangkutan, baik perbankan syariah maupun konvensional.

architect, architecture, body

Untuk bisa mendapat persetujuan dalam mengajukan KPR subsidi, tidak semudah yang diperkirakan. Ada beberapa syarat sebelum Anda bisa mengajukan KPR tersebut. Berikut ini ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan persetujuan KPR subsidi, antara lain :

WNI yang Belum Memiliki Rumah Pribadi
Syarat utama bagi Anda yang ingin mengajukan KPR subsidi adalah harus Warga Negara Indonesia yang belum memiliki rumah pribadi. Hal ini demi pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia agar dapat memiliki hunian pribadi.

Syarat Pekerjaan dan Penghasilan
Jika Anda ingin mengajukan KPR bersubsidi, syarat selanjutnya adalah Anda harus sudah memiliki pekerjaan di satu perusahaan minimal satu tahun. Dan maksimal penghasilan yang didapat adalah 4 juta agar dapat mengajukan rumah bersubsidi.

Kelengkapan Dokumen Pribadi
Kelengkapan dokumen pribadi juga sangat penting untuk kelancaran pengajuan KPR subsidi. Dokumen pribadi yang perlu disiapkan antara lain, fotokopi KTP, fotokopi KK, slip gaji terakhir, fotokopi NPWP, fotokopi SPT tahunan, surat pernyataan belum memiliki rumah, dan surat pernyataan belum pernah menerima subsidi rumah. Jika semua dokumen telah lengkap semua, proses pengajuan akan lebih cepat dan lancar.

Rekam Jejak Bank yang Baik
Jika Anda ada rekam jejak yang kurang baik pada bank, seperti di blacklist karena tidak membayar kartu kredit, sering terlambat dalam membayar angsuran, atau catatan buruk lainnya. Hal ini akan mempersulit Anda untuk mendapatkan persetujuan KPR subsidi ini. Maka sebaiknya, hal-hal kecil terkait transaksi pada bank cukup Anda lakukan dengan baik.

Jika syarat-syarat di atas sudah Anda penuhi, maka pengajuan KPR subsidi akan lebih mudah mendapatkan persetujuan. Namun, jika ternyata Anda tidak mendapatkan persetujuan KPR subsidi, tidak menjadi masalah karena Anda bisa mengajukan KPR pada bank. Mengajukan KPR di bank juga sekarang ini sudah sangat mudah, yang penting tetap sesuai syarat yang diajukan oleh bank. Lebih mudah lagi karena saat ini selain melalui bank konvensional, mengajukan KPR pada perbankan syariah juga sudah bisa Anda lakukan.

Demikian ulasan mengenai syarat yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan rumah KPR subsidi. Semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Share.

About Author

Leave A Reply