Syarat Pengajuan KPR Syariah Dengan Mudah

0

KPR Syariah – Kebutuhan akan tempat tinggal yang layak adalah impian semua orang. Namun harga rumah yang terus naik menyebabkan pembelian rumah secara tunai masih jarang terjadi. Calon pembeli dan juga termasuk mungkin Anda lebih memilih membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Pembiayaan ini banyak diberikan oleh perbankan baik dari bank konvensional maupun lembaga keuangan syariah. Selain pinjaman KPR syariah, lembaga keuangan syariah juga menyediakan produk perbankan seperti tabungan syariah dan banyak produk lainnya.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) syariah semakin banyak peminatnya, hal ini disebabkan memiliki banyak kelebihan dibanding dengan KPR konvensional. Pembiayaan KPR Syariah mengunakan prinsip jual beli (Murabahah) dengan harga jual yang telah disepakati kedua belah pihak. Pembayarannya dilakukan secara mengangsur setiap bulan dengan dengan jumlah angsuran yang telah ditetapkan di muka. Jadi berbeda dengan Bank konvensional yang menggunakan bunga, pinjaman KPR dan tabungan syariah justru tanpa riba (bunga).

KEUNGGULAN KPR SYARIAH

Prinsip yang digunakan untuk KPR syariah adalah Murabahah, Istishna, Muadharabah, dan Musyarakah Mutanaqisah. Sedangkan KPR konvesional menggunakan prinsip pinjam meminjam (utang) dengan menambahkan sejumlah uang sebagai jasa (bunga) dengan jangka waktu tertentu. Pada pembiayaan KPR syariah, penetapan harga jual rumah dilakukan pada awal transaksi, ketika nasabah menandatangani perjanjian pembiayaan jual beli rumah. Selain itu dalam kontrak perjanjian juga disebutkan jumlah angsuran tetap dan jatuh tempo pembiayaan. Pembayaran angsuran bulanan yang flat membuat nasabah tenang karena tidak akan dipusingkan dengan suku bunga yang naik turun seperti pada bank konvensional. Apabila ingin melunasi angsuran sebelum masa kontrak berakhir nasabah tidak akan   dikenakan biaya penalty.

MANFAAT KPR SYARIAH


Menurut Afgani dalam situsnya menyebutkan bahwa berbagai keuntungan dari KPR syariah antara lain:
Pinjaman KPR syariah sangat meringankan nasabah yang belum memiliki cukup uang untuk membeli rumah secara tunai. Nasabah hanya perlu menyediakan uang muka.

  • Prinsip pembiayaan KPR adalah jual beli (Murabahah), dengan menyatakan harga jual dan keuntungan sesuai kesepakatan Nasabah dan lembaga keuangan syariah.
  • Dengan angsuran yang tetap, nasabah tidak perlu bingung dengan kenaikan suku bunga dan jumlah angsuran yang tidak tetap.
  • Jangka waktu pembiayaan KPR yang panjang, memungkinkan nasabah untuk menambah penghasilan dan melakukan penyimpanan uang dengan tabungan syariah.
    Tidak dikenakan biaya pinalti untuk melunasi sebelum jatuh tempo.

SYARAT PENGAJUAN KPR SYARIAH


  1. Berikut adalah persyaratan umum untuk mengajukan pinjaman KPR Syariah :
    Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki penghasilan tetap dengan masa kerja minimal 2 tahun
  3. Usia minimal pada saat pembiayaan diberikan adalah 21 tahun dan maksimal usia pensiun untuk karyawan atau 65 tahun untuk wiraswasta dan profesional.
  4. Tidak termasuk dalam Daftar Pembiayaan Bermasalah.
  5. Memiliki atau bersedia membuka rekening tabungan syariah.

Jadi, lebih baik Anda cermat memilih sistem kredit pemilikan rumah syariah dengan berbagai keunggulan dan manfaatnya untuk nasabah. Semoga bermanfaat.

Share.

About Author

Leave A Reply