senam kegel

Tips Persalinan Lebih Lancar : Manfaat Senam Kegel Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, sangat penting untuk melakukan persiapan persalinannya dengan rutin melakukan aktivitas senam kegel. Sebab senam yang satu ini bisa mendatangkan banyak sekali manfaatnya selama dalam periode kehamilan dan juga pasca persalinan. 

Manfaat Latihan Kegel Bagi Ibu Hamil

Dengan rutin melakukan aktivitas senam kegel ini, setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Menguatkan Otot Panggul

Selama dalam fase kehamilan, tekanan pada area panggul akan meningkat akibat pertumbuhan yang dialami oleh janin. Dengan begitu sangat diperlukan sekali kekuatan otot yang sangat baik, agar bisa memberikan dukungan yang diperlukan saat menghadapi perubahan fisik pada ibu yang sedang hamil. 

  • Mencegah Masalah Inkontinensia Urin

Adanya peningkatan tekanan pada kandung kemih selama periode kehamilan, sejatinya dapat menyebabkan permasalahan inkontinensia urin pada ibu hamil. Latihan kegel dapat membantu memperkuat otot yang mendukung kandung kemih, serta mengurangi resiko terjadinya kebocoran urin saat batuk. 

  • Persiapan Persalinan yang Lancar

Kondisi otot panggul yang kuat tentunya sangat membantu proses persalinan pada ibu hamil. Yang dimana kontraksi otot-otot panggul yang berjalan dengan baik, akan membantu pembukaan panggul saat proses melahirkan. 

  • Mendukung Kecepatan Proses Pemulihan Pasca Kelahiran

Melakukan latihan kegel pasca kelahiran, sudah terbukti mampu untuk memulihkan kekuatan serta elastisitas otot-otot panggul dengan lebih cepat. Sebab setelah persalinan, otot panggul akan mengalami peregangan dan perubahan yang signifikan.  

Selain senam kegel, penting bagi ibu hamil mempersiapkan kebutuhan bayi baru lahir seperti halnya pemilihan popok terbaik. 

Setidaknya popok tersebut sudah mendukung keamanan serta kenyamanan bayi yang baru lahir ini. Anda dapat memilih popok dari MAKUKU SAP Diapers yang dilengkapi dengan fitur u shape yang bisa melindungi pusar bayi baru lahir dari berbagai gesekan. 

Menariknya lagi popok dari MAKUKU ini juga sudah mendukung fitur anti gumpal, anti bocor dan juga super tipis sehingga sangat nyaman untuk dipakai bayi baru lahir. 

Anda bisa mendapatkan popok terbaik dari MAKUKU ini di supermarket dan minimarket terdekat dikota Anda, sekarang juga!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *